Profil Desa

A. Sejarah Desa Selulung
Sejarah terbentuknya Desa Selulung tidak banyak yang dapat ditemukan, namun dari beberapa pihak yang patut dipercaya kiranya dapat memberikan sekilas uraian tentang riwayat Desa Selulung.
Pada jaman dahulu, tersebut beberapa Desa yang antara lain : Desa Tanjungan, Desa Petabahan, Desa Bunut, Desa Sukapura, Desa Tangguan, Desa Tohmega, dan Desa Titioot. Ketujuh desa tersebut mendapat serangan dari luar. Karena kurangnya persatuan ketujuh desa tersebut, maka akhirnya ketujuh desa tersebut terpecah belah.
Raja Tabanan yang mengetahui keadaan tersebut, mengutus dalem yang bernama Pasek Nyoman Sadri untuk menyusun dan mempersatukan ketujuh desa yang terpecah belah tersebut. Berkat ketekunana dan kegigihan Pasek Nyoman Sadri, melalui musyawarah akhirnya ketujuh pecahan desa tersebut sepakat untuk membentuk sebuah desa yang diberi nama Desa Selulung yang artinya kurang lebih “Baik buruk sepenanggungan”. Desa ini berada di bawah pimpinan Pasek Nyoman Sadri.
Setelah pemerintahan berjalan baik, oleh masyarakat Desa Selulung Pasek Nyoman Sadri di prayascita atau disucikan dan diangkat menjadi pimpinan di Desa Selulung dengan gelar Ki Dukuh Selulung. Dalam masa jabatannya Desa Selulung tidak pernah lagi diserang oleh orang luar, hingga Ki Dukuh Selulung mangkat (meninggal).

B. Kondisi Geografis Desa Selulung

Desa Selulung termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Batas-batas Desa Selulung yaitu sebelah utara berbatasan dengan Desa Tajun, Kecamatan Kubu Tambahan, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Daup, sebelah timur berbatasan dengan Desa Satra, dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Pengejaran, Kecamatan Kintamani. Desa Selulung mempunyai Luas desa yaitu 591 ha dengan luas permukiman seluas 45 ha, luas perkebunan seluas 325 ha, luas kuburan seluas 3,50 ha, luas pekarangan 25 ha, luas perkantoran seluas 0,50 ha, luas wilayah lainnya 2,50 ha (sumber : Monografi Desa Selulung, 2012). Secara administratif Desa Selulung memiliki 8 banjar yaitu : Banjar Pandan, Banjar Tiangan, Banjar Nyawah, Banjar Selulung, Banjar Sanda, Banjar Tanjungan,  Banjar Mesahan dan Banjar Taked. Namun secara adat Desa Selulung merupakan gabungan dari dua desa adat yaitu Desa selulung dan Desa Belantih.

C. Iklim Desa Selulung

Dimana Desa Selulung ini berada di daerah pegunungan yang beriklim dingin dengan ketinggian ±1.200 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu berkisar 22 o C sam26 o C

D. Lembaga di Desa Selulung

Struktur kelembagaan Desa Selulung secara administratif terdiri dari Lembaga Pemerintah Desa (Pemdes), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Linmas), dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Selain dari lembaga - lembaga yang telah ada, di Desa Selulung juga terdapat kelompok - kelompok subak abian.
Gambar 1. Kantor Desa Selulung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar